Pages

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 18 Oktober 2018

Tanaman Kencur



ILMU DARI KENCUR
Kencur merupakan tanaman herbal yang memiliki rimpang (rhizome) beraroma sangat harum. Khasiat dan manfaat kencur yang beragam nyatanya terletak hampir pada tiap bagiannya.Adapun kencur yang diolah menjadi minuman jamu mampu menyehatkan badan.
Kencur  mempunyai nama dalam bahasa latin yaitu dengan Kaempferia galanga, termasuk ke dalam famili jahe (Zingiberaceae). Famili jahe dikenal mampu menghasilkan beragam jenis tanaman obat yang sering digunakan di dalam pengobatan tradisional. Tanaman kencur banyak tumbuh di wilayah beriklim tropis dan subtropis. Daerah penyebaran umumnya berada di Asia, antara lain di Indonesia, India, Bangladesh, Tiongkok China, dan Jepang.

Kencur mempunyai khasiat
yang Insya Allah mampu mencegah diri Anda terserang penyakit. Tanaman yang mempunyai umbi berkulit kecokelatan dengan bagian dalam berwarna pucat ini mampu meredakan sejumlah gangguan seperti depresi, stres dan cemas.

Khasiat Kencur
Kencur mempunyai beberapa manfaat di dalam daun dan rimpangnya
1.Bagian Daun
Bagian daun kencur memiliki manfaat insya Allah untuk mengatasi demam, bengkak, rematik, oftalmia, dan dan pharyngodynia. Orang pada zaman dahulu seringkali mengompres dahi anak yang sedang panas dengan menggunakan daun kencur. Walaupun sekarang sudah sulit dicari dan sudah mulai ditinggalkan dengan obata obatan kimia yanglebih cepat dalam menurunkan panas.
2. Bagian rimpang atau akar
Bagian rimpang atau akar kencur memiliki aroma yang sangat kuat. Rimpang biasa dikonsumsi sebagai bagian dari proses pengobatan medis herbal atau untuk konsumsi harian menambah stamina tubuh.

Tidak hanya rimpang dan daun, kencur secara utuh memiliki beragam manfaat yang menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Kebiasaan ini dilakukan masyarakat Tiongkok sejak lama dalam memanfaatkan khasiat kencur untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan, seperti:

Sejak ditemukannya tanaman kencur ini masyarakat tiongkok mempunyai kebiasaany menggunakan semua manfaat dari tanaman kencur  sebab secara keseluruhan  kencur juga Insya Allah memiliki khasiat mengobati gangguan kesehatan diantaranya :
  • Hipertensi,
  • Rematik,
  • Batuk,
  • Sakit kepala,
  • Sakit gigi,
  • Sakit maag,
  • Nyeri dada dan perut, hingga
  • Radang tumor.

Di masyarakat negara lain mempunyai beberapa kebiasaan penggunaan tanaman kencur diantaranya. Masyarakat Bangladesh mempunyai kebiasaany membuat jus dari rimpang jahe yang digunakan mengobati sakit gigi dan ketombe. Masyarakat Jepang mempunyai kebiasaan  menggunakan rimpang kencur untuk mengatasi gangguan tidur dan stres
Sementara di Indonesia, kencur telah berpuluh-puluh tahun digunakan dalam pembuatan obat tradisional atau yang biasa dikenal jamu. Kencur merupakan bahan utama di dalam jamu tradisional dan modern buatan pabrik.
Nama jamu yang sudah banyak dikenal masyarakat indonesia adalah jamu Beras kencur, Beras Kencur sendiri mulai dipopulerkan oleh penjual jamu keliling yang biasa disebut mbok jamu atau jamu gendong yang laku dikonsumsi oleh kaum hawa.

Racikan jamu beras kencur Insya Allah bermanfaat mengurangi rasa sakit dan bengkak (edema) akibat keseleo. Mengonsumsi jamu beras kencur juga Insya Allah bisa meningkatkan nafsu makan dan meredakan kelelahan.
Resep Pembuatan jamu beras kencur

  1. Beras 200 gram
  2. Kencur 500 gram
  3. Jeruk nipis 1 buah
  4. Cengkeh secukupnya
  5. Garam ½ sendok the
  6. Kayu manis secukupnya 
  7.  Gula pasir 200 gram
  8. Air 1,5 liter 




Cara pembuatan
  1. Rendam terlebih dahulu beras selama 4 jam kemudian ditiriskan
  2. Sambil menunggu beras yang direndam kupas kencur hingga bersih
  3. Giling beras tersebut sehingga menghasilkna tepung beras 
  4.  Tumbuk kencur yang sudah dikupas kemudian campur dengan cengkeh dan kayu manis 
  5.  Siapkan air 1,5 liter dan didihkan diatas kompor
  6. Masukkan tepung beras dan kencur yang ditumbuk, 
  7.  Aduk aduk hingga mendidih
  8. Saring ke dalam wadah botol atau wadah lain
  9. Sajikan dengan perasan jeruk nipis
  10. Disajikan dengan es batu bisa menambah nikmat rasa dan suasana

Sebuah riset pada tikus menunjukkan bahwa ekstrak tanaman kencur bisa memberikan efek sedatif atau menenangkan. Hasil riset melalui pengambilan ekstrak tanaman kencur turut menguatkan tentang efek sedatif yang signifikan. Berangkat dari penemuan tersebut, kencur kerap digunakan untuk menangani stres, gelisah, dan depresi. Meski demikian, penelitian ini masih membutuhkan riset lebih lanjut mengenai khasiat kencur untuk kesehatan tubuh manusia.

0 komentar:

Posting Komentar